INILAH..!! Ternyata Segini Lho Harga Ngurus Bayi, Mahal?


Judul : INILAH..!! Ternyata Segini Lho Harga Ngurus Bayi, Mahal?
link : INILAH..!! Ternyata Segini Lho Harga Ngurus Bayi, Mahal?


INILAH..!! Ternyata Segini Lho Harga Ngurus Bayi, Mahal?





Ngurus bayi emang butuh banyak biaya, belum lagi kalau ibu bapaknya doyan jajan, hehehe. Tapi, pernah terbayang gak sih berapa mahal membesarkan bayi selama setahun? Itu kalau cuma punya satu, kalau anaknya kembar? Orang tua ini mencatat pengeluaran untuk anak pertama mereka selama satu tahun dalam sebuah blog. Ternyata dalam 12 bulan, pengeluaran buat kebutuhan si bayi kecil ini bisa sampai ratusan juta sendiri! Wah, buat apa aja tuh uangnya?


Seorang software engineer bersama istrinya yang seorang akuntan mencatat pengeluaran bayi mereka setelah membaca banyak “ketakutan” dan hal-hal gak enak seputar anak. Mereka akhirnya memutuskan buat mencatat semuanya dalam blog yang diberi nama The Baby Effect. Sejak Oktober 2015 sampai Oktober 2016, kedua orang tua ini selalu update pengeluaran bayi pertama mereka dari bulan pertama sampai ke-12 yang jatuh di Oktober kemarin. Tepatnya tanggal 23 Oktober, mereka menuliskan total pengeluaran selama 12 bulan, dan ternyata hasilnya lumayan bikin Feedy kaget sih. Segitu mahalnya, kah?

Ratusan Juta

Hasilnya, mereka mengeluarkan US$ 22 ribu atau sekitar Rp 200 jutaan selama 12 bulan buat keperluan si bayi. Wih, beli iPhone dapet berapa nih? Ini aja belum termasuk biaya lain yang gak dihitung. Ada delapan kategori yang cuma dihitung The Baby Effect selama setahun.



Pengeluaran terbesar ternyata ada di daycare atau tempat penitipan anak yang memakan sampai US$ 9 ribu sendiri. Diikuti dengan lost wages, atau gaji yang “hilang” atau gak diterima si ibu karena ambil cuti melahirkan. Nah, setelah kelihatan fakta mahalnya ngurus bayi, ada beberapa tips yang dikasih sama blog ini. Di antaranya, cari tempat kerja yang tetap kasih gaji walaupun lagi cuti melahirkan. Lalu cari daycare atau penitipan anak yang murah.

  
Ternyata susahnya punya anak gak cuma ngurusin kalau lagi nangis aja. Ada pengeluaran yang lebih besar dan mungkin gak kelihatan. Tapi yang namanya punya anak bayi, kalau si dedek udah senyum, pasti lupa deh sama gak enaknya ngurus bayi