INILAH..!! Amalan yang Dilakukan Rasulullah Setelah Subuh


Judul : INILAH..!! Amalan yang Dilakukan Rasulullah Setelah Subuh
link : INILAH..!! Amalan yang Dilakukan Rasulullah Setelah Subuh


INILAH..!! Amalan yang Dilakukan Rasulullah Setelah Subuh



"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." [QS. Al-Ahzab ayat 21]

Rasulullah adalah manusia yang paling baik amal, ibadah, akhlak dan segala sesuatu yang ada dalam diri Rasulullah adalah baik. Beliau adalah rasul utusan terakhir yang diutus untuk semua umat manusia.

Rasulullah adalah contoh terbaik dalam segala hal, termasuk dalam hal ibadah. Oleh karena itu, kita sebaiknya mencontoh Rasulullah dalam beribadah. Karena mengikuti sunah beliau akan memberikan manfaat untuk diri kita sekaligus menjadi bekal kita kelak di akhirat.

Inilah Amalan yang Dilakukan Rasulullah Setelah Subuh

Ada banyak sekali amalan sunah yang diajarkan Rasulullah kepada kita seperti puasa, shalat malam, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa amalan sunah yang mungkin belum diketahui oleh banyak umat Islam, dan berikut adalah amalan agung yang dilakukan Rasulullah tapi jarang diketahui oleh umat Islam.

AMALAN RASULULLAH SETELAH SUBUH



Tidak dipungkiri bahwa subuh adalah waktu yang paling berat untuk melakukan ibadah, karena pada waktu subuh kita sedang enak-enaknya tidur. Namun, sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk melakukan shalat subuh.

Shalat subuh memanglah shalat yang singkat, karena hanya dilakukan sebanyak dua rakaat saja. Namun meskipun singkat terkadang shalat subuhlah yang banyak ditinggalkan oleh orang Islam karena berbagai macam alasan.

Meskipun berbagai macam alasan muncul, hal ini tidak menggugurkan kewajiban yang harus kita kerjakan sebagai seorang muslim yaitu melaksanakannya. Bahkan Rasulullah sendiri setelah shalat subuh beliau masih melakukan ibadah lain, masya Allah sungguh sebuah contoh yang baik untuk diikuti umat Islam.

Tahukah Anda amalan apa yang Rasulullah kerjakan setelah shalat subuh?

Setelah shalat subuh, yang dilakukan beliau selanjutnya adalah duduk berdzikir kepada Allah SWT. Dari Jabir RA bin Samurah RA, Bahwasanya Nabi SAW apabila selesai shalat shubuh, duduk di tempat shalatnya hingga matahari meninggi," [HR. Muslim]

Amalan ini tentu saja sangat bermanfaat dan mengandung banyak pahala, bahkan pahalanya sama dengan pahala ibadah haji dan umrah yang sempurna. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

Dari Anas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapat pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, sempurna," [HR. Tirmidzi]

Itulah amalan agung yang diajarkan Rasulullah kepada kita, semoga kita dapat mempraktekkannya secara rutin, semoga bermanfaat.